Cara Menggunakan Dodge Tool di Photoshop

Untuk melakukan kegiatan editing foto biasanya menggunakan berbagai macam jenis software tergantung kebutuhan. Dan Photoshop merupakan salah satu aplikasi editing gambar paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Mulai dari editor amatir hingga yang sudah professional pun banyak yang menggunakan Photoshop. Hal ini bukan tanpa alasan, Photoshop merupakan aplikasi editing foto dengan segudang fitur dan tool yang memudahkan penggunanya untuk melakukan perubahan terhadap gambar.

Dengan banyaknya fitur yang disediakan oleh software Photoshop kita bisa berkreasi tanpa batas. Saat membuka aplikasi Photoshop, kita akan langsung dihadapkan dengan berbagai menu dan tools yang tentu bagi pemula cukup membingungkan. Bagi yang baru belajar menggunakan Photoshop mereka akan kebingungan akan fungsi dari berbagai tools yang ada. Artikel ini dimaksudkan untuk membantu kamu yang baru belajar Photoshop dan yang ingin belajar editing foto dengan menggunakan Photoshop.

Mempelajari cara menggunakan efek dodge tool juga cocok untuk kamu yang masih pemula dalam bidang Photoshop karena teknik ini biasanya sering digunakan di dalam proses editing foto. Untuk kamu yang ingin menjadi editor foto atau desainer profesional, kamu harus tahu fungsi dodge tool ini. Simak tutorial cara menggunakan Dodge tool pada photoshop berikut.

Langkah:

  1. Siapkan foto / gambar.

2. Klik dodge tool pada toolbox di bagian kiri → Mulai membuat efek dodge atau memberikan efek cerah pada gambar atau pada objek tertentu yang kamu mau. Pada tutorial kali, penulis akan membuat efek dodge pada bagian wajah.

2. Setelah selesai menambahkan efek dodge pada foto / gambar, bisa kamu lihat perbandingan foto / gambar di atas dengan foto yang di bawah ini.

Bila mengalami kesulitan, silakan beri komentar di kolom komentar, semoga bermanfaat.