Cara Membuat Efek Lens Flare di Photoshop

Objek lens flare biasanya hanya ditemukan di aplikasi-aplikasi berbasis video editing seperti After Effect, Premiere Pro, Sony Vegas dan lain-lain. Lens flare merupakan suatu objek cahaya yang basisnya hampir sama seperti sebuah cahaya terang dari sebuah objek yang membuat sebuah efek garis panjang ke segala arah dan ini juga terjadi pada mata manusia baik menggunakan sebuah kacamata ataupun tidak.

Tak mau kalah dengan saudaranya, Adobe Photoshop juga menambahkan efek lens flare ini pada menu fitur aplikasinya, sehingga gambar yang sebelumnya hanya polos-polos saja, bisa ditambahkan sebuah lens flare pada posisi yang penggunanya inginkan, berikut tutorialnya.

Langkah:

  1. Kamu buka aplikasi Adobe Photoshop.

  2. Lalu kamu import / open gambar yang ingin kamu edit ke lembar kerja Photoshop kamu.

  3. Lalu pada menu tab kamu klik filter → Render → Lens Flare.

4. Lalu kamu letakan posisi lens flare menggunakan mouse kamu pada bagian yang telah diberikan, lalu kamu atur bentuk dan tipe apa dari lens flare yang ingin kamu gunakan serta berapa besar cahaya yang dihasilkan dari objek lens flare tersebut, dan jika sudah kamu klik pada tombol OK.

5. Selesai.

Catatan: walaupun pada tahap 4 hanya terdapat beberapa menu saja, tetapi kamu bisa menghasilkan lens flare yang sangat bagus dan setara seperti lens flare yang biasa ada pada aplikasi Adobe After Effect dan Premiere Pro. Dan penulis sarankan untuk membuat layer baru dulu di atas layer utama untuk menempatkan objek lens flare kamu agar suatu saat bisa kamu pindahkan objeknya ke posisi lain.

sekian tutorial cara membuat efek lens flare di Photoshop, semoga bermanfaat.